News

Giri Tirta Si Cantik Yang Terselip Di Hutan

Tersembunyi dalam belantara pinus di Gunung Pancar, Giri Tirta seperti perawan cantik yang belum ditemukan. Ibarat dipenjara alam, dia dibekap perbukitan yang mengelilinginya.

Cobalah disana menjelang sore. Saat matahari tenggelam, aroma pinus, lembab tanah dan udara yang segar atau cobalah nikmati hangatnya berendam pada mata airnya.

Dingin yang membekap dan cericit suara jangkerik itu seperti membuang kita jauh dari peradaban. Juga melupakan bahwa "surga" kecil itu hanya "œsepelemparan" batu dari Jakarta.

Terletak di kawasan wisata hutan Gunung Pancar, kecamatan Madang, Kabupaten Bogor "œsurga" kecil itu seperti terselip. Dari pintu tol Sentul jaraknya tak lebih 14 kilometer.

Namun lupakan saja jalan yang buruk selepas tol itu, toh nanti anda akan sadar perjalanan itu impas tuntas. Setidaknya sawah yang menghijau akan sejenak melupakan guncangan jalanan yang buruk itu pada kendaraan anda. Dan jika sudah berada di mulut Taman Wisata Alam Gunung Pancar lupakanlah Jakarta.

Coba sapa saja hutan pinus juga jalan setapaknya atau bila beruntung mungkin gerimis kecilnya dan bayangkan malam-malam berendam di sumber mata airnya yang hangat.

Awalnya adalah Dadan Rusyadnurdin yang tahun 1999 membeli lahan itu dari koleganya. Tak cukup luas memang, "œhanya" 18,5 hektar. Setahun berikutnya dia mencoba peruntungan dengan membuka wisata pemandian air panas di lokasi itu.

Dadan juga menambahkan sebuah vila, dan dua saung untuk pemandian privat dan tiga kolam renang untuk umum.

Sementara dari tiga sumber mata air panasnya ditampung dalam sebuah kolam besar yang kemudian dialirkan kesemua kolam yang ada di Giri Tirta. Karena respon masyarakat tinggi, Dadang lalu menambahkan sebelas saung untuk pemandian dan delapan vila.


Cocok Untuk Bulan Madu
Mengusung konsep village berada di kawasan Gunung Pancar, memberikan suasana yang tenang, udara segar dan biaya yag lebih murah daripada berwisata ke Bali. Dengan banderol menginap Rp 700 ribu hingga Rp 2 juta, Giri Tirta memang pas untuk perjalanan keluarga. Atau anda berminat ngeteng? Tidak mahal, perjamnya hanya Rp 50 ribu.

Tak hanya menginap dan mencicipi mandi air hangat di pengunungan tentunya, layanan tambahan dari mulai dari body treatment hingga beauty treatement.

Tak lalu karena terselip di celah gunung Giri Tirta sepi pengunjung. Sepanjang akhir pekan pengunjung yang datang antara 50 hingga 100 orang. Kebanyakan dari Bandung atau Jakarta. Sementara warga asing kebanyakan berasal dari Jepang dan Korea.

Atau anda pengantin baru? Cobalah nuansa kemewahan ditengah hutan itu. Tersedia paket dua hari tiga malam. Masalah harga? Tak mahal-mahal amat sepertinya.

Atau anda maniak sepeda dan off road? Nah yang ini juga banyak tantangannya. Dari lokasi seluas itu, yang digunakan untuk wisata dan pemandian air panas hanya dua hektar saja. Sementara sisanya dibiarkan menjadi persawahan. Ambilah sepeda gunung anda dan nikmati tantanganannya.

"œIni menjadi pengalaman tersendiri bagi pengunjung termasuk diajak berjalan ke sumber air terjun Cikencana dan Curug Meledung," kata Yuda pengelola Giri Tirta.

Begitulah Giri Tirta, tidak ada salahnya mencoba. Selain ketenangan, anda juga bisa mencicipi tantangan, toh dari Jakarta jaraknya sepelemparan batu. (kgi)